Stimulasi berlebihan : Harga Kecanduan Teknologi

Stimulasi berlebihan : Harga Kecanduan Teknologi

Dalam banyak penelitian yang digunakan untuk pendidikan kesehatan dan kebugaran, tampaknya ada tema yang mendasari dan menyatukan: Stimulasi berlebihan. Dengan meningkatnya ketergantungan pada teknologi, manusia dituntut untuk mengurangi aktivitas fisik, sekaligus meningkatkan aktivitas mental. Meskipun sering bermanfaat, jika tidak dikelola dengan hati-hati, ini dapat bermanifestasi dalam kesehatan yang buruk.

Pertimbangkan bagaimana masyarakat telah bergeser dari hari perintis awal ke teknologi saat ini. Hanya beberapa hal yang tidak lagi harus kita lakukan untuk bertahan hidup:

Berburu makanan
Kumpulkan kayu bakar untuk pemanasan dan memasak musim dingin
Menanam makanan yang kita makan, membutuhkan tenaga kerja untuk memelihara ternak dan merawat ladang
Berjalan kaki ke kota, atau berjalan kaki untuk transportasi dasar
Bekerja di pekerjaan berbasis tenaga kerja fisik
Kerjakan dengan tangan, tidak menggunakan mesin
Masak makanan dari awal, menggunakan bahan-bahan rumahan
Bertemu secara fisik, untuk berbicara atau berkomunikasi dengan orang lain
Pergi ke kota untuk mendapatkan persediaan dasar
Bagikan bakat atau keterampilan tertentu sebagai sarana untuk menukar barang-barang yang dibutuhkan

Semua tugas ini, meskipun memakan waktu, memiliki fungsi vital dalam peningkatan kesehatan total, termasuk kesehatan fisik, mental, emosional, spiritual, dan finansial. Hari-hari dihabiskan untuk tugas-tugas fisik dasar, yang juga memenuhi pikiran dan membantu memenuhi kebutuhan penting lainnya. Aktivitas fisik adalah bagian dari setiap hari orang dan paling mudah tidur karena mereka lelah secara fisik. Obesitas tidak menjadi masalah, sebagian karena upaya yang diperlukan untuk mendapatkan, menumbuhkan, dan menyiapkan makanan. Paling sering, aktivitas fisik mengimbangi kalori yang tersedia untuk dikonsumsi.

Interaksi sosial adalah satu lawan satu dan sangat dihargai setelah lama berada di pertanian. Studi sekarang menunjukkan bahwa interaksi sosial yang berkualitas bermanfaat bagi kesehatan dan perasaan sejahtera. Dengan lebih sedikit pilihan untuk bersaing mendapatkan perhatian, fokus dipusatkan pada tugas yang ada. Orang-orang bangga dengan pengerjaan mereka dan hasil kerja mereka. Meskipun sering kali sulit, hari-hari perintis lebih sederhana, dengan lebih sedikit pilihan. Ini membuat lebih sedikit pilihan harian untuk menjaga pikiran terus-menerus terstimulasi.

Beberapa hal yang sekarang kita lakukan atau miliki yang berkontribusi terhadap kesehatan yang buruk:

Makanan yang mudah didapat, tinggi pengawet, tinggi kalori, dan rendah nutrisi (Tidak memerlukan persiapan atau usaha yang lama)
Pekerjaan menetap menggunakan teknologi, versus kerja fisik
Mesin untuk membantu tugas fisik
Komunikasi melalui telepon, teks, komputer, atau email
Akses mudah ke informasi tak terbatas
Aksesibilitas 24/7 melalui ponsel dan komputer
Interaksi tatap muka yang sebenarnya tidak perlu
Jam kerja di pekerjaan yang tidak memanfaatkan keterampilan atau bakatnya
Gangguan tersedia dari berbagai sumber secara bersamaan, seperti TV, radio, komputer, ponsel, perangkat game, dan elektronik portabel lainnya
Pilihan untuk mengisi waktu tidak terbatas, membutuhkan pilihan waktu yang konstan mengenai bagaimana waktu akan dihabiskan

Daftar ini mengungkapkan sisi berbahaya dari kemajuan teknologi, memungkinkan seseorang menyelesaikan sesuatu dengan lebih efisien, sehingga ada waktu untuk mengisi hari dengan lebih banyak hal yang harus dilakukan. Stimulasi mental yang berlebihan seperti itu tidak pernah dimaksudkan. Apakah mengherankan penyakit “terkait stres” adalah penyebab nomor satu dari sebagian besar kunjungan dokter? Menjadi terlalu terstimulasi secara mental dan lesu secara fisik adalah inti dari banyak masalah kesehatan yang melemahkan yang terlihat saat ini.

Lihatlah peningkatan ADHD, tidak banyak di hari-hari perintis. Ambil insomnia untuk contoh lain. Sebuah studi kesehatan federal baru menunjukkan setidaknya 8,6 juta orang Amerika melaporkan membutuhkan obat resep untuk tertidur. Gaya hidup yang merangsang hari ini membuat sulit untuk fokus dan sulit untuk menutup pikiran untuk tidur. Kombinasikan itu dengan fakta bahwa di sebagian besar gaya hidup, satu-satunya aktivitas fisik berasal dari pilihan sadar untuk “berolahraga”, dan masalahnya menjadi lebih jelas.

Ini tidak mulai menggores permukaan masalah terkait kesehatan yang secara langsung terkait dengan terlalu dirangsang. Orang membutuhkan obat-obatan, nikotin, alkohol, dan perilaku lain semacam itu untuk mengatasi kehidupan yang terlalu terstimulasi yang umum terjadi saat ini. Artikel ini dimaksudkan untuk mengibarkan bendera merah dan membuat orang mempertimbangkan seberapa banyak yang mereka izinkan ke dalam hidup mereka melalui ketergantungan mereka pada teknologi.

Intinya adalah, jika Anda merasa lelah, lelah, atau secara teratur perlu menggunakan zat untuk membantu Anda mengatasi gaya hidup yang sibuk, inilah saatnya untuk memperhitungkan bagaimana waktu dihabiskan dan mengembangkan batasan untuk penggunaan teknologi. Jangan salah, itu adalah pilihan yang sulit. Namun, pilihan berikutnya mungkin terbukti lebih sulit. Memblokir waktu untuk tidak melakukan apa-apa, untuk fokus pada satu tugas tanpa gangguan elektronik atau lainnya, dan untuk menjernihkan pikiran, sambil merilekskan tubuh. Penting juga untuk menambahkan aktivitas fisik setiap hari, jenis yang menantang otot dan paru-paru.

Semua saran ini mudah dilakukan. Masalahnya adalah, mereka sama mudahnya untuk TIDAK dilakukan. Pernah dikatakan, “Hidup dengan pedang, mati dengan pedang.” Hal yang sama dapat dikatakan tentang teknologi. “Hidup dengan teknologi, mati oleh teknologi.” Pilih dengan hati-hati stimulasi yang diizinkan masuk setiap hari. Buat ritual atau rutinitas yang memungkinkan untuk bersantai dan relaksasi. Bangun asosiasi dengan perilaku atau zat sehat seperti teh herbal, susu hangat, minyak esensial, musik damai, duduk di alam, yoga, pijat, meditasi, relaksasi otot progresif, dan lain-lain. Asosiasi ini akan dibangun dengan latihan dan dapat mulai menandakan otak saatnya untuk menutup. Sama seperti anjing Pavlov, respons terkondisi dapat dibuat. Pastikan itu adalah jenis respons yang mempromosikan kesehatan, bukan membahayakannya.

Apakah Waktu Anda Diinjak-injak oleh Teknologi?

Saya tidak tahu tentang Anda, tetapi ada kalanya saya berada di toko kelontong dihadapkan oleh seseorang yang berdiri di tengah lorong sambil mengoceh di ponsel. Saya ingin berteriak: “Apakah Anda di sini untuk berbelanja atau yak?”

Untuk semua keajaiban yang dibawa oleh teknologi, salah satu tantangannya adalah bagaimana teknologi menghabiskan waktu kita, terkadang sampai membuat kita kehilangan keseimbangan dan kendali.

Otak kita belum belajar untuk memproses aliran informasi yang berbeda secara bersamaan. Kami mungkin melakukan banyak tugas, tetapi kami bolak-balik di antara dua aktivitas yang berbeda dengan cepat. Jelas ini mempengaruhi perhatian dan dalam beberapa kasus keselamatan. Contoh SMS saat mengemudi menggambarkan kekacauan yang bisa terjadi. Otak kita membutuhkan waktu untuk menyesuaikan dan fokus di antara aktivitas yang berbeda.

Bagi kita yang lebih tua, kita dapat mengingat waktu ketika televisi memiliki beberapa saluran dan program hanya ditayangkan dari sore hingga tengah malam. “Pola uji” mendominasi pemrograman dari tengah malam hingga sore berikutnya. Sekarang ada ratusan saluran yang tersedia yang menyebabkan ratusan keputusan dan banyak saluran melompat di antaranya.

Kemudian, ada telepon “jalur pesta” dengan beberapa rumah tangga yang terhubung ke satu saluran telepon rumah (bagus untuk menyelinap mendengarkan apa yang terjadi dengan keluarga di sebelah). Sekarang, setiap individu adalah kandidat untuk ponsel yang semakin menjadi alat pintar yang memungkinkan kita mengakses Internet, acara televisi, game, dan segala macam berbagi informasi lainnya, selain tetap berhubungan dengan orang yang kita ajak bicara atau teks dengan.

Sementara perangkat luar biasa ini sekarang memberi kita kesempatan untuk mengatur waktu kita dengan lebih baik, mereka juga dapat menciptakan kebiasaan dalam diri kita yang membuang banyak waktu. Ya, sistem GPS akan membantu kami menghemat waktu dengan tidak tersesat atau menyarankan restoran terdekat tanpa menelusuri halaman kuning secara mendalam. Kita dapat menggunakan perangkat lunak elektronik yang menyediakan kalender untuk melacak tanggal dan janji penting, memprioritaskan daftar “yang harus dilakukan”, dan melacak pengeluaran bisnis.

Di sisi lain, kekuatan tersembunyi dari peralatan elektroniklah yang dapat menciptakan jebakan waktu. Saya bisa menjadi kecanduan bermain game di komputer. Terus-menerus berselancar di Internet tanpa tujuan atau tujuan dapat menjadi kecanduan lain. “Kesegeraan” yang halus mendorong saya untuk segera menjawab telepon di saku saya jika berdering atau menjawab teks yang baru saja tiba. “Kedekatan” yang halus ini sangat kuat, dapat membuat saya mengirim pesan teks saat mengemudi meskipun saya tahu bahayanya.

Orang-orang telah menyadari bahwa tuntutan “kesegeraan” yang disebabkan oleh invasi teknologi elektronik dalam kehidupan kita dapat menjadi berlebihan. Saksikan pertumbuhan dan daya tarik liburan “off grid” untuk melepaskan diri dari itu semua. Mengapa?

KITA manusia masih membutuhkan keseimbangan. Sementara jejaring sosial dan kemungkinan koneksi semakin tersedia bagi kita melalui teknologi elektronik, kita masih membutuhkan waktu untuk berefleksi, melihat gambaran besar dalam hidup kita dan, ya, untuk bersantai!

Orang-orang yang menggunakan alat ini, dan bukan alat itu sendiri, yang perlu menemukan keseimbangan. Berikut beberapa kemungkinan terutama yang berkaitan dengan pekerjaan dan kehidupan kita:

1. Salah satu cara terbaik untuk mengetahui apakah waktu Anda diinjak-injak oleh teknologi adalah dengan mencatat kemana perginya waktu Anda selama beberapa hari. Jika Anda tidak ingin melakukannya setiap jam, Anda dapat membagi hari menjadi segmen pagi, siang dan sore. Setelah setiap segmen, tandai untuk apa Anda menghabiskan waktu.

2. Pastikan Anda memiliki pegangan pada hal-hal penting yang ingin Anda gunakan untuk menghabiskan waktu Anda. Apakah pekerjaan dan tujuan pribadi Anda terkini? Sudahkah Anda merinci langkah-langkah yang diperlukan untuk mencapai tujuan tersebut? Sudahkah Anda memperkirakan jumlah waktu yang Anda pikir akan dibutuhkan untuk melakukan langkah-langkah dalam mencapai tujuan Anda? Sudahkah Anda menuliskan tujuan dan langkah-langkahnya sehingga Anda dapat sering merujuknya untuk melihat kemajuan atau kekurangan Anda? Ingat, waktu yang dihabiskan untuk langkah-langkah untuk mencapai tujuan Anda lebih penting daripada merasakan tekanan untuk menjawab teks yang baru saja tiba di ponsel Anda.

3. Ketahui waktu terbaik dalam sehari bagi Anda untuk menjadi produktif. Apakah Anda orang pagi? Apakah Anda menyelesaikan lebih banyak di kemudian hari? Setelah Anda mengetahui waktu paling produktif Anda, buatlah sebagian darinya dan cobalah untuk mengisolasi diri Anda dari gangguan teknologi elektronik. Matikan ponsel dan Internet. Tutup pintu Anda jika Anda bisa.

4. Use electronic technology in ways that support the effective use of your time. For example, can you suggest that people you work with not have meetings where participants need to be physically present? Could you Skype, have a video conference or use collaborative software to achieve the same result? Time savings are enormous when you don’t have to travel.

5. Be safe. If you have to attempt to multitask, don’t do it when bodily harm to yourself or others could result, e.g. texting and driving or using other machinery. Time spent healing is wasted when you could have prevented the injury in the first place. For your safety sake, don’t stand in the middle of the aisle in the store yakking on your cell phone when I’m there!

Using technology’s tools appropriately and effectively can give you enormous advantage in controlling your time. Remember, the tools will not do it for you. If you find your hours and days seeming to go by like a blur because you are caught in the “immediacy trap” of technology, take some time and figure out how to get off the merry-go-round. Learn to control the technology and not let it control you.

Teknologi Pribadi